Wednesday, January 28, 2015

Layar Thin Film Transistor Smartphone Android

Ulasan Android - TFT atau Thin Film Transistor merupakan salah satu display layar yang digunakan untuk produk Smartphone sepeti Samsung, LG dan beberapa produk-produk Smartphone lainnya. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan LCD karena tekonlogi layar untuk Smartphone ini menggunakanteknologi LCD akan tetapi layar TFT memberikan kedalaman warna dan resolusi yang lebih baik dibandingkan hp terbaru yang menggunakan teknologi LCD.  Kelebihan dari layar TFT yang digunakan pada Android Samsung misalnya adalah ketajaman tampilan yang diberikan serta respon sentuh yang sangat baik dan cepat. Akan tetapi layar Thin Film Transistor ini juga memiliki kelemahan yang diantaranya adalah borosnya penggunaan baterai. Sehingga Smartphone seperti Samsung Android, Lenovo Android yang menggunakan layar ini sangat boros baterai. 


Layar Thin Film Transistor Smartphone Android

Layar TFT atau Thin Film Transistor ini adalah sebuah layar yang merupakan tipe dari LCD flat-panel yang tersunsun setiap pixelnya dicontrol atau dikendalikan oleh satu hingga empat transistor. Layar TFT ini akan memberikan resolusi yang sangat luar biasa kepada anda. Layar TFT yang sering digunakan untuk Smartphone Samsung ini juga memiliki nama lain Active-Matric LCD. Dengan transistor yang mengendalikan setiap pixel dari TFT ini maka akan meningkatkan kualitas gambar, contras dan addressability yang luar biasa. Biasanya layar TFT ini digunakan untuk beberapa perangkat yang diantaranya adalah Televisi, Komputer Monitor, Handphone Smartphone, Layar Video game , Layar Proyektor dan beberapa perangkat navigasi seperti GPS. Dengan layar TFT kursor yang anda gerakkan pada layar monitor akan terlihat sangat cepat.

Layar Thin Film Transistor Smartphone Android


Pengembangan dari layar LCD ini menciptakan suatu layar yang kita kenal dengan TFT ini . Transistor yang digunakan pada layar TFT sangat kecil. Sebenarnya TFT ini adalah pengganti dari teknologi lama yang kita kenal dengan CRT di beberapa televisi lama dan Layar komputer. Karena Layar CRT masih terlihat sangat besar dan tidak ramping maka dikembangkanlah teknologi CRT dengan bentuk yang lebih ramping dengan mengkombinasikan layar LCD dan terciptalah layar TFT. Display gambar yang ditawarkan oleh perangkat yang menggunakan teknologi layar TFT ini akan sangat luar biasa karena gambar yang di kontrol oleh transistor akan mengalami refresh atau re-painted setiap sepersekian detik. 

Layar Thin Film Transistor Smartphone Android


Misal Komputer dengan menggunakan teknologi Layar TFT  atau Thin Film Transistor dengan Display layar sebesar 17-inch dan memiliki 1.3 juta pixel maka akan ada 1.3 juta transistor yang menyusun layar tersebut. Pada layar TFT anda mungkin akan mengenali istilah Dead Pixel. Dead Pixel pada layar TFT ini artinya adalah beberapa transistor yang gagal atau rusak dalam memunculkan gambar. misalnya adalah titik hitam, merah, putih, atau biru diatas layar komputer atau Smartphone anda. Semakin baik sebuah Layar TFT maka akan dinilai dari seberapa banyak Transistor yang menyusun layar tesebut. Layar monitor TFT yang baik akan menunjang warna, respon gambar, penggunaan aplikasi multimedia yang sangat baik terhadap perangakat yang anda miliki. Orang-orang yang Tertarik dengan gaming, Video editing atau pengguna aplikasi multi media wajib memiliki layar ini. 

Layar Thin Film Transistor Smartphone Android

No comments:

Post a Comment