Sunday, January 25, 2015

Sejarah Gorilla Glass Corning Kaca iPhone Pertama Kali

Ulasan Android - Gorilla Glass adalah pelindung layar yang sering kita dengar untuk HP terbaru keluaran dari Samsung Smartphone dan beberapa produk-produk android lainnya. Lalu apakah Gorilla Glass itu sebenarnya? Apa bedanya Handphone dengan layar proteksi gorilla glass dengan tanpa gorilla glass? Lalu apa kelebihan dari Gorilla Glass dan bagaimaa sejarahnya ? berikut kita akan membahas tentang Gorilla Glass. 

Sejarah Gorilla Glass Corning Kaca iPhone Pertama Kali


Gorilla Glass bila diartikan secara harfiah maka kita akan mendapatkan kata Kaca Gorilla. Gorilla Glass ini adalah hasil produksi Pabrik Kaca Corning yang berasal dari Amerika. Pabrik Corning ini telah berhasil membuat sebuah produk dari kaca dan terdaftar untuk lembaran kaca alkali-aluminosilikat. Gorilla Glass ini memiliki memiliki bentuk yang tipis, ringan serta memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap kerusakan. Hingga kebanyakan produk lapisan Gorilla Glass ini digunakan sebagai pelapis perangkat elektronik portable seperti Handphone-Handphone Smartphone, Televisi, Laptop dan berbagai media lainnya. Corning sebagai produsen Gorilla Glass ini mengatakan bahwa keunggulan utama produk Gorilla Glass ini adalah kekuatan, daya tahannya yang sangat tinggi terhadap goresan, dan ketahanannya.  

Sejarah Gorilla Glass Corning Kaca iPhone Pertama Kali

Pada tahun 2010 Gorilla Glass sudah 20 persen diaplikasikan pada perangkat-perangkat media diseluruh dunia dengan jumlah kurang lebih 200 juta unit. Sehingga pada tahun 2012 Corning kembali memunculkan produksi baru pengembangan dari Gorilla Glass dan diberi nama Gorilla Glass 2. Produk ini sangat melejit hingga pada 24 Oktober 2012, Corning sebagai produksen Gorilla Glass ini mengumumkan bahwa lebih dari satu miliar media atau perangkat-perangkat sudah menggunakan Gorilla Glass

Berita tentang Gorilla Glass dimulai pada tahun 1960. Menurut sejarah perusahaan Corning inc. telah melakukan ekspresimen dengan bahan-bahan kimia di tahun 1960, Beberapa bagian dari proyek ini diberi nama "Project Muscle". Dalam beberapa tahun Corning terus menerus melakukan penelitian dan percobaan-percobaan hingga corning berhasil mengembangkan dan menemukan kaca yang mereka namai "Chemcor" glass yang adalah pendahulu dari Gorilla Glass. Kaca keluaran terbaru dari Corning ini tidak pernah diproduksi banyak kecuali hanya untuk Race Car Dodge Dart dan Plymouth Barracuda yang meminta dipenuhi sebuah produksi sebanyak seratus buah. Corning menyadari bahwa pengurangan terhadap berat akan dapat berpengaruh pada kecepatan maksimal sebuah mobil. 

Sejarah Gorilla Glass Corning Kaca iPhone Pertama Kali

Hingga pada tahun 2006 Apple Inc mengembangkan sebuah Smartphone pertama dengan nama iPhone yang sekarang sudah sangat tidak asing ditelinga kita. Awalnya iPhone dibuat dari sebuah plastik keras. Hingga pada suatu ketika Steve Jobs menemukan sebuah fakta apabila ia menaruh ponsel Smarphone iPhone-nya didalam saku, permukaan smartphone prototype tersebut tergores oleh kunci miliknya. Dengan segera Steve Jobs mencari cara untuk menyelesaikan bagaimana cara agar permukaan prototype tersebut tidak dapat tergores. Hingga akhirnya Steve Jobs menghubungi CEO dari Corning Inc. Wendell Weeks dan mengutarakan bahwa perusahaan Apple kini membutuhkan sebuah kaca yang ringan dan kuat untuk diaplikasikan pada iPhone yang nantinya dipakai untuk konsumen. Awalnya Weeks menolak  ia mengatakan kepada Jobs perusahaan corning pernah membuat sebuah kaca Gorilla Glass  yang telah perusahaan Corning kembangkan sejak 1960 lalu, Namun telah dihentikan saat itu. 

Sejarah Gorilla Glass Corning Kaca iPhone Pertama Kali

Jobs terus menerus meyakinkan Weeks agar segera memproduksi kaca Gorilla Glass itu lagi untuk segera diaplikasikan pada iPhone yang akan Steve Jobs rilis secepatnya. Pada skeptis awal Weeks mengatakan bahwa perusahaan Corning inc. Akan dapat melakukannya dan dapat memproduksi beberapa layar yang mungkin cukup untuk rilis iPhone pertama yang tertunda itu, Perusahaan Corning berusaha untuk mencapai target permintaan yang diberikan Apple Inc. dalam enam bulan. Hingga akhirnya Corning Glass tersebut diaplikasikan pada Iphone generasi pertama yang telah dirilis pada Juni 2007.

Proses produksi yang dilakukan adalah memperkuat kaca tersebut dengan melalui pergantian ion. Kaca diletakkan pada sebuah garam kalium cair di temperatur sebesar 400 derajat Celsius. ion - ion sodium yang lebih kecil akan meninggalkan kaca dan beberapa ion potasium dari bak garam tersebut, lalu menggantikannya dengan ion-ion yang lebih besar dengan mengambil lebih banyak ruang dan ditekan secara bersamaan ketika kaca mulai dingin, hingga menghasilkan sebuah lapisan tegangan atau lapisan yang kuat pada permukaan kaca. Komposisi yang diberikan pada Gorilla Glass memberikan kemungkinan ion kalium untuk menyebar ke setiap permukaan hingga menciptakan sebuah tegangan atau kekuatan kaca yang tinggi kedalam Gorilla Glass. Lapisan Kompresi pada Gorilla Glass inilah yang lebih tahan terhadap kerusakan serta dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari. 

Sejarah Gorilla Glass Corning Kaca iPhone Pertama Kali

No comments:

Post a Comment